Au pair

Visa Au Pair Swedia DITOLAK?! Mungkin ini ALASANNYA

Membuat visa untuk bepergian ke luar negeri adalah salah satu hal yang bisa menjadi momok bagi kebanyakan rakyat Indonesia.

Paspor hijau kita memang tidak memberi keleluasaan untuk masuk ke banyak negara dengan mudah. Bahkan untuk membuat akun bank di Swedia saja, petugas bank sampai bilang “Indonesia is a high risk country“.

Nah lho…

Buat visa turis yang masa aktifnya sebentar saja tricky, apalagi membuat visa au pair yang nantinya akan memberikan izin tinggal sementara? Tentulah tidak mudah.

Berikut ini hal-hal yang menurut saya bisa membuat pengajuan visa au pair mu ke Swedia ditolak.

DOKUMEN TIDAK LENGKAP

Alasan pertama sangat klasik, tapi bisa saja kan kita tidak teliti sehingga dokumen yang kita kirimkan tidak lengkap atau bahkan tidak sesuai.

Apa aja sih dokumen yang dibutuhkan?

Baca di blogku sebelumnya 😊

Langkah-langkah menjadi Au pair Swedia – Tanpa Agen

BERKEBANGSAAN SAMA DENGAN HOST PARENT(S)

Maksudnya?

Misalnya kalian orang Indonesia (ya iyalah 😜) terus ada host family di mana si ibunya/bapaknya atau keduanya adalah orang Indonesia, kemungkinan visa kalian akan ditolak.

Kok gitu?

Tujuan program au pair itu kan supaya ada pertukaran budaya di mana si au pair mempelajari dan menghidupi kehidupan orang di Swedia.

Kalau host parent(s) kalian memiliki kebangsaan yang sama dengan kalian, kemungkinan besar kalian akan banyak melakukan hal-hal yang tidak memberikan pelajaran budaya. Misalnya, tetap sering berbahasa Indonesia atau memasak makanan tradisional dari negara sendiri.

Beda ceritanya kalau sama-sama dari Asia tapi beda negara. Di Swedia host mom ku juga dari Asia. Temenku juga ada yang host mom nya orang Vietnam, gak masalah.

LUPA/TELAT MEMBAYAR BIAYA APLIKASI VISA

Untuk mendaftar visa au pair Swedia, kita perlu membayar sebesar 1000 SEK. Dulu aku meminjam kartu kredit sepupuku, kemudian aku transfer ke sepupuku ini dengan rupiah kurah lebih Rp 1.700.000,-.

Bisa aja kan kalian udah upload semua dokumen, eh lupa kalau harus membayar biaya visa. Oh iya, untuk membayar ini juga ada batas waktunya. Jadi pastikan kalian juga tidak telat membayar.

TINGKAT PENDIDIKAN

Walaupun tidak ada aturan tertulis, tapi ada form isian yang menanyakan tentang tingkat pendidikan kalian. Kebanyakan calon au pair melamar ketika lulus SMA atau sepertiku, setelah lulus kuliah.

Kenapa tingkat pendidikan penting?

“If not, I can inform you that your education and any vocational experience is a factor that SIRI includes in their assessment on whether or not your stay as an au-pair is in accordance with your life story. For instance in this assessment they look at whether or not you have finished a higher education or how many years you have been employed.” (Kutipan dari imigrasi Denmark: mirip-mirip lah sama Swedia)

Jadi sejarah pendidikan kita bisa berhubungan dengan niat kita menjadi au pair. Tidak sedikit au pair dari salah satu negara di Asia yang tidak berpendidikan tinggi tapi bermodalkan bahasa Inggris saja. Biasanya alasan mereka menjadi au pair bukan untuk pertukaran budaya, tapi untuk mencari nafkah. Iniliah yang dihindari oleh pihak imigrasi.

KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Ini penting sekali bukan untuk visa saja, tapi untuk hidup kamu di sana. Keseharian kamu akan dipenuhi bahasa asing dan salah satu bahasa yang paling mudah dimiliki adalah bahasa Inggris. Seumur hidupku di Indonesia, belum pernah dengar tentang kursus bahasa Swedia 😂.

Kok mereka bisa tau kemampuanmu?

Saat mendaftar visa ada beberapa halaman formulir yang harus diisi. Selain menanyakan tentang data kita, ada juga isian yang harus diisi dengan sedikit panjang. Semuanya dengan bahasa Inggris.

JANGAN PAKAI GOOGLE TRANSLATE!

Kalaupun google bisa membantu memoles formulir visa kalian, google tidak akan bisa membantu hidup kalian di luar negeri secara total. Jadi pastikan kalian benar-benar siap dalam hal bahasa.

ALASAN YANG TIDAK JELAS

Di formulir isian kalian juga akan diminta untuk menuliskan alasan kalian. Jangan menjawab dengan singkat saja, pastikan jawaban kalian bermanfaat untuk hidup kalian ke depan. JANGAN MENULIS KALAU KALIAN INGIN TINGGAL ATAU KULIAH DI SWEDIA SETELAHNYA.

Hubungan pertukaran budaya ini dengan hidup kalian di masa depan saat kalian kembali ke Indonesia.

PERNAH MENJADI AU PAIR DI NEGARA LAIN

Hal ini tertulis di website migrasi Swedia:

A previous period spent as an au pair in another country immediately prior to the planned stay in Sweden could reduce the chances of you being granted a permit in Sweden. The reason is that this could be an indication that it is a question of regular work as a nanny or a similar position and not as an au pair. (Situs Migrasi Swedia – Au Pair)

Sebelum mendaftar visa, aku juga merasa bingung karena memang belum banyak au pair Indonesia di Swedia. Aku bersyukur bertemu dengan temanku, mbak Fatimah, yang membantu menjelaskan detail tentang proses pendaftaran visa tersebut.

Kalau kalian kesulitan, tolong jangan sungkan menghubungiku lewat kolom komentar atau instagram. I will be more than happy to help 😊

2 thoughts on “Visa Au Pair Swedia DITOLAK?! Mungkin ini ALASANNYA

  1. Aku nyari channel yt kakak gak ada lgi video ini..
    Jadi aku buka blog kak tessa..
    Aku dapet hf swedia nih kak, tpi dia butuh aupair september gitu.
    Sedangkan sekrang agustus..
    Untuk proses visa di acc aja butuh 3 bulan paling cepat kan kak..
    Saran nya gimna ya kak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top