Au pair

Biaya yang diperlukan Au Pair

Salah satu hal yang terkadang ditanyakan oleh teman-teman yang berminat dengan program au pair adalah,

“Berapa banyak biaya yang dibutuhkan?”

Untuk menjawabnya dengan sederhana sih aku pasti akan bilang, tergantung. Bisa banyak kalau kamu mempercayakan proses visa dan pencarian keluarga asuh kepada agen. Bisa hampir 0 rupiah kalau kamu mencoba melakukan semuanya sendiri.

Jadi berapakah biaya pasti yang diperlukan untuk menjadi au pair?

Kalau tergantung, apa saja faktor yang menentukan jumlah biaya yang akan kita habiskan?

BEDA NEGARA BEDA ATURAN

close up of globe
Photo by NastyaSensei Sens on Pexels.com

Dua negara yang paling aku tahu seluk beluk program au pairnya adalah Swedia dan Denmark. Hal ini tentu saja karena aku sudah pernah menjadi au pair di dua negara ini.

Di Swedia, tidak ada aturan yang menyatakan siapa yang harus membayar apa. Waktu aku mencoba menjadi au pair di Swedia, pertama-tama aku harus membayar pengurusan visa sebesar SEK 1000, saat itu kurang lebih sekitar Rp1.600.000,-. Di tengah jalan ternyata keluarga asuhku sudah mendapatkan au pair, jadi aku harus mencari keluarga baru lagi sebelum berangkat ke Swedia. Tidak disangka, keluarga baruku ini mau membayar semua hal yang berurusan dengan kepengurusan au pair ku ini. Bahkan aku sampai disuruh menyimpan kwitansi tiket bus yang kugunakan untuk pergi ke kedutaan Swedia. Tapi karena biaya busway dan gojek tidak mencapai ratusan ribu rupiah, aku hanya mengiyakan kesanggupan mereka untuk membayar visa sebesar SEK 1000 dan biaya pesawat Jakarta – Copenhagen sebesar kurang lebih SEK 4000. Jadi bisa dibilang aku berangkat ke Swedia hanya bermodalkan ongkos pulang pergi ke kedutaan Swedia saja, yang kebetulan tidak jauh dari kantorku dulu 🙂

Langkah-langkah menjadi Au pair Swedia – Tanpa Agen

GRATIS: Mengejar Mimpi di Swedia – Pengalamanku

Di Denmak, ada aturan tertulis dari pemerintah kalau keluarga asuh HARUS membayar tiket pesawat pulang pergi dan asuransi selama au pair hidup di Denmark. Jadi, tidak perlu repot bernegosiasi soal pengeluaran biaya. Mungkin yang harus dibayarkan adalah biaya proses visa sebesar kurang lebih 2.900 DKK (mungkin sekitar Rp6.000.000,-).

How to be an Au Pair in Denmark?

BUTUH JASA AGEN ATAU TIDAK

banking business checklist commerce
Photo by Pixabay on Pexels.com

Tidak sedikit agen yang menawarkan untuk mencari host family dan meminta kita untuk membayar jutaan rupiah. Buatku yang frugal ini, agen bukanlah pilihan. Menurutku agen hanya penting ketika kita ingin pergi ke negara seperti Amerika dan Belanda, di mana keberadaan agen secara teknis sangat dibutuhkan.

Sebelum menjadi au pair, aku sempat bertanya-tanya ke salah satu agen yang kutemukan di media online. Ternyata, aku diharuskan membayar kurang lebih Rp13.000.000,- hanya untuk mencari dan mendapatkan keluarga asuh! Ain’t nobody got time for that! Semua surat-surat pada akhirnya aku juga yang harus mengurus karena si agen ini tidak berdomisili di Jakarta. Oh NO!

Setelah aku tiba di Eropa, aku sempat bertemu dengan teman-teman yang tiba di Eropa menggunakan agen dan menghabiskan belasan juta rupiah. 

Agen juga belum tentu akan bisa membantu kita ketika ada masalah, karena posisi mereka di Indonesia. Apakah mereka akan menyedian tempat perlindungan ketika kita diusir oleh keluarga asuh? Sepertinya tidak. Kecuali agen kalian berasal dari Eropa dan memang menyediakan tempat berlindung untuk au pairnya.

Au Pair: Bermasalah dengan Host Family?

Kalau kalian mudah ragu dan takut, kemudian berfikir kalau keberadaan agen akan mempermudah segalanya, saranku sih jangan berangkat dulu. Karena sesungguhnya untuk bertahan menjadi au pair itu dibutuhkan keberanian dan kemandirian yang tinggi.

BUKTI REKENING BANK

pexels-photo-870902.jpeg
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

“Apa perlu bukti rekening bank?”

Tidak sama sekali. Kecuali kalau kalian ingin menjadi au pair di Australia yang memang membutuhkan bukti rekening sebesar 5000 AUSD (Cek lagi di google: Working Holiday Visa Australia).

Kenapa kalian tidak perlu bukti rekening bank untuk menjadi au pair di Eropa?

Karena keluarga asuhlah yang akan menjadi sponsor dan kebutuhan pokok kita seperti makanan dan tempat tinggal akan disediakan oleh mereka. Walaupun begitu, kalian tetap perlu berjaga-jaga, misalnya kalian perlu membeli sesuatu ketika sedang transit di bandara. Pada saat pertama kali datang di rumah keluarga asuh, kalian kan juga tidak bisa langsung meminta pocket money. Jadi lebih baik berjaga-jaga, nggak harus banyak tetapi minimal cukup untuk satu bulan pertama.

Kiat Hidup Hemat di Kopenhagen

*Dari pengalamanku di Swedia, aku hanya menggesek ATM kartu debit BCA sejumlah SEK 500 atau kurang lebih Rp800.000,-. Semua kebutuhan termasuk alat mandi seperti sabun ditanggung oleh keluarga asuh.

Kesimpulannya, total biaya yang diperlukan bisa semurah membayar ongkos bolak-balik ke kedutaan besar. Bisa lebih mahal juga, tiket pesawat harus dibayar. Makin mahal lagi, kalau kita menggunakan jasa agen.


Ketika wawancara dengan keluarga asuh, negosiasikan baik-baik. Dari pengalamanku sih, kebiasaan orang Indonesia yang selalu sungkan itu tidak terlalu bermanfaat. Lebih baik jujur kalau memang belum bisa menanggung biaya pesawat, misalnya. Yang penting tetap sopan saja.

Jika ingin membayar untuk menggunakan jasa agen, pikirkan dengan baik kekurangan dan kelebihannya. Apakah si agen benar-benar akan membantu kalian jika satu saat ada masalah dengan keluarga asuh? Apakah pengurusan dokumen untuk visa akan menjadi lebih mudah? Jangan sampai uang jutaan yang akan kalian keluarkan menjadi sia-sia.

Sebelum berangkat, pastikan kalian membawa pakaian dan barang yang benar-benar penting. Satu jaket tebal saja sebenarnya cukup, tidak perlu menghabiskan biaya untuk persiapan musim dingin. Nanti ketika sampai di sini, kalian bisa membelinya di pasar barang bekas atau ketika sedang diskon dengan lebih murah.

Percaya dan berusaha saja. If there is a will, there will be a way. 

Jangan mudah putus asa kalau belum mendapatkan keluarga asuh. Semangat!

 

*nilai mata uang bisa berubah sewaktu-waktu

 

One thought on “Biaya yang diperlukan Au Pair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top