Site Overlay

Ide Bermain Bersama Anak Kecil

Sebagai au pair, kehidupan ku juga diisi dengan tawa, canda, dan tangisan dari anak asuhku. Salah satu kegiatan yang paling aku suka adalah bermain hehe

Bisa dibilang walaupun sudah dewasa, kalau sedang bermain bersama anak-anak, aku beneran main. Nggak mau pakai gengsi, karena ingin berteman juga dengan anak asuhku.

Lantas, apa saja ya permainan yang bisasanya aku lakukan?

TEBAK-TEBAKKAN NAMA HEWAN

Biasanya permainan ini kami mainkan saat sedang makan malam. Lumayan, bisa jadi ice breaker ketika tidak banyak hal yang bisa dibicarakan.

Dalam bahasa Danish, permainan ini disebut Gæt dyret. Jadi kita harus menyebutkan satu ciri-ciri hewan, nanti yang lainnya harus menebak nama hewan tersebut. Misalnya saja ketika giliranku, aku bisa berkata ‘‘Hewan ini berwarna hitam“, sisa pemain lainya harus menebak hingga jawabannya benar.

PETAK UMPET

Ternyata permainan yang satu ini juga ada di Denmark!

Kami biasanya memainkan permainan ini di dalam rumah. Aku juga mengajari mereka berhom-pim-pa, untuk menentukan siapa yang harus jaga.

Lucunya, anak asuhku yang paling kecil tidak mengerti betul aturan permainan ini, umurnya juga masih 3 tahun. Jadilah dia cekikikan keras-keras ketika salah satu dari kami berjaga. Kadang dia juga langsung saja memunculkan dirinya atau memutuskan untuk bersembunyi di dalam koper 😂

MAIN DI TRAMPOLIN

Banyak rumah di Denmark yang memiliki anak juga memiliki trampolin. Trampolin ini umumnya cukup besar dan bisa menampung beban hingga 150kg, termasuk orang dewasa atau remaja.

Kalau sedang tidak lelah, aku senang saja bermain di atas trampolin. Kadang kami hanya meloncat bersama, tapi lebih sering main monster atau superman penangkap monster. Aku kebetulan seringkali jadi monsternya sedangkan anak-anak asuhku akan menjadi pahlawan dan memasukanku ke dalam penjara.

MEMBUAT TENDA

Anak-anak asuhku cinta sekali dengan tenda.

Tenda ini bisa dibangun di dalam rumah atau di luar, dengan menggunakan selimut-selimut tipis yang disebut Tæppe.

Sebenarnya tenda ini lebih mirip dengan lubang besar karena memang dibuat secara amatiran. Makanya, lebih sering disebut Hul.

Setelah dibuatkan tenda, mereka bisa masuk dan kalau cukup besar, mereka bisa bermain boneka. Paling sering sih mereka geloyoran sambil nonto youtube melalu iPad, tidak lupa ditemani dengan snack yang kubuat.

BOARD GAMES

Yang terakhir ini sepertinya mainan segala umat, dari yang masih kecil hingga dewasa. Biasanya, banyak keluarga yang memiliki board games.

Paling mudah dan sederhana bisa berupa sekumpulan gambar yang harus kita temukan. Paling rumit ada Monopoli dan Ludo. Sayangnya anak asuhku yang paling kecil nggak akan bisa main karena belum mengerti.


Apakah kalian suka bermain dengan anak kecil?

Permainan apa yang paling kalian suka di masa kecil?

5 thoughts on “Ide Bermain Bersama Anak Kecil

  1. Disana biasa main board game nya apa? Kalau di Indo bnyk anak yg lbh suka main di gadget sedih deh. Saya suka main board game tp skrg anak2 kecil malah sukanya main game online yg bareng org asing…padahal bahasanya bnyk yg kasar2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up