Belajar Bahasa

Tips dan Pengalaman Ujian B1 Jerman Tanpa Kursus

Setelah kurang lebih dua bulan mempersiapkan diri untuk ujian level B1 bahasa Jerman, aku akhirnya lulus ujian dengan nilai memuaskan di akhir juni 2020 ini.

Persiapan ujian ini aku lakukan tanpa mengikuti kursus sama sekali, alias otodidak atau mandiri. Bersyukurnya, aku mendapat banyak bantuan dari pacarku yang dengan sabar memeriksa dan memperbaiki hasil latihanku, terutama di bagian schreiben (menulis) dan sprechen (berbicara).

Kok bisa lulus ujian tanpa kursus?

Aku pribadi malah merasakan adanya sisi positif belajar bahasa Jerman tanpa mengikuti les di lembaga bahasa manapun. Bagaimana bisa begitu?

Ketika kalian belajar dengan tutor atau guru, kalian akan cenderung menunggu guru kalian untuk menjelaskan sesuatu dan memberikan kalian tugas. Akan tetapi ketika kalian belajar madiri, mau tidak mau kalian harus menjadi lebih proaktif. Kalau tidak mengerti sesuatu, mau tidak mau harus mencari cara untuk memahaminya. Tidak ada guru yang akan selalu memberikan penjelasan menyeluruh kepada kalian.

Dengan begitu, kalian akan menjadi lebih kritis.

Sudah siap belajar bahasa Jerman secara mandiri? Kali ini aku mau membagikan tips untuk kalian 😊

BEDA ANTARA STUDY HARD & STUDY SMART

Kalau di Indonesia, salah satu moto yang paling populer adalah belajar dan bekerja keras. Bahkan sampai ada kata-kata seperti ‘membanting tulang‘.

Akan tetapi, dewasa ini makin banyak slogan study smart.

Dengan artian bahwa, belajar yang baik itu tidak ditentukan dengan kuantitas tetapi kualitas. Kebanyakan dari kita berfikir kalau belajar itu harus seharian penuh, bebas dari sosial media, dan juga bebas dari acara main ke luar.

Tetapi bukankan belajar yang seperti itu akan membuat kita cepat bosan dan mudah lelah?

Maka dari itu, walaupun aku nggak bisa belajar secara intensif (karena harus membantu keseharian di rumah keluarga asuh), aku pun belajar minimal 1 jam saja per hari. Kelihatannya sebentar, tetapi satu jam itu sudah bisa kita pakai untuk latihan hören (mendengarkan) dan lesen (membaca) lho.

Di akhir pekan barulah aku benar-benar menambah kuantitas belajar. Selain menjadi produktif, aku juga jadi lebih hemat karena nggak main keluar.

FOKUS KEPADA GRAMMAR DAN BAHASAN TERPENTING

Ketika belajar bahasa Jerman, banyak yang mempermasalahkan artikel seperti der, die, das. Karena itu juga banyak yang mundur untuk mempelajari bahasa Jerman, karena sudah merasa bingung di awal.

Padahal banyak pendatang yang bahkan sudah di Jerman tetapi juga bisa membuat kesalahan pada artikel!

Aku sendiri juga masih sering membuat kesalahan pada artikel, akan tetapi itu sama sekali tidak memengaruhi hasil ujianku.

Apa saja sih grammar yang sangat bermanfaat untuk dipelajari untuk B1? Ini adalah beberapa grammar yang berdasarkan pengalamanku sangat berguna untuk dipelajari:

Genitiv

Passiv (Präteritum, Präsens, Perfekt)

Tenses: Plusquamperfekt, Präteritum, Perfekt, Futur I)

– Penggunaan als & wenn, obwohl, wegen, weil, deshalb, dst.

Konnektoren, seperti: Entweder…, oder…/ nicht nur…, sondern auch…/ zwar…, aber…/ weder…, noch…/ sowohl…, als auch…/ je…, desto…

Komparativ dan Superlativ

Relativsatz

Regelmäßig & unregelmäßig verben

LATIHAN SEBANYAK-BANYAKNYA

Di Internet sudah banyak sekali website hinga video yang memberikan latihan hingga penjelasan bahasa Jerman secara gratis.

Biasanya aku mencari latihan soal untuk hören dan lesen yang memiliki Lösungen (kunci jawaban). Sehingga aku bisa memeriksa sendiri hasil latihanku.

Untuk sprechen dan schreiben biasanya aku dibantu pacar yang memang orang Jerman untuk memeriksa. Untuk bagian schreiben, biasanya aku memfoto hasil latihanku dan mengirimnya melalui salah satu aplikasi pesan singkat.

Berkat latihan yang rutin ini, nilai lesen dan hören ku terus mengalami kemajuan. Saat pertama mulai latihan nilaiku bahkan pernah 63%, tapi aku terus menerus latihan hingga saat ujian mendapatkan nilai dengan rentang 80-100%. Semangat! 😊

DAFTAR WEBSITE DAN VIDEO BERMANFAAT

Lingua – Lesen Übungen

Schubert Verlag

Mein Deutschbuch (Grammar)

Deutsch Lingolia

Youtube Grenzenlosci (Schreiben)

Youtube ÖSD (Simulasi Sprechen)

Youtube Deutsch Lernen (Lesen & Hören)

Youtube Learn German (Grammar)


Jadi, apa kalian sudah siap untuk belajar bahasa Jerman secara mandiri?

Jangan lupa sharing pengalaman dan cerita kalian di kolom komen ya 😊

5 thoughts on “Tips dan Pengalaman Ujian B1 Jerman Tanpa Kursus

  1. Wah wah wah! Lagi-lagi, selamat Tes!

    Nanti coba kucek ah website-website yang kamu bagikan. Aku berencana untuk les sih, because I know that it works better for me. Tapi untuk mengasah kemampuan, aku juga butuh banyak bahan yang berbeda. Semoga aku bisa segera menyusul level-mu ya Tes 🙂

  2. Kak aku ilham dari ambon saya mau ikut fsj cuma kursus buat serrifikat b1 mahal banget, buku yang bagus buat level a1-b1 kira kira dimana jualnya yaa dan katanya kalo belajar otodidak hasil ujiannya bakalan jelek apalagi kan satu kali ujian byrnya sejuta lebih
    Mohon infonya kak

  3. Tessa, selamat ya atas kelulusanmu tes B1 bahasa Jerman. Hebat kamu belajar sendiri. Dulu aku B1 ikut sekolah di sini, tapi di rumah juga tetap belajar interaktif dengan suami.Itupun butuh waktu bulan sampai lulus B1. Berasa ngos-ngosan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top