FSJ/BFD Jerman

Mau ke Jerman? Coba Program Kerja Sosial Yuk!

Sebelum tinggal di Eropa, satu-satunya jalan yang saya pikir bisa membawa saya ke sini adalah kuliah (dengan beasiswa misalnya) atau menikah dan kemudian menetap di negara asal pasangan.

Ternyata, banyak sekali program yang bisa diikuti untuk mengumpulkan pengalaman di Benua Biru ini. Salah satunya melalui Program Kerja Sosial yang dikenal dengan nama FSJ (Freiwilliges Soziales Jahr) dan BFD (Bundesfreiwilligendienst) di Jerman.

DEFINISI

FSJ, jika diartikan kata per kata, adalah program sukarelawan (Freiwilliges) di bidang sosial (soziales) selama satu tahun (Jahr). BFD juga memiliki pengertian yang sama dan hanya berbeda dalam hal persyaratan usia.

Jadi selama satu tahun kita akan mendapatkan kontrak kerja di suatu tempat dan menjadi sukarelawan di sana.

Program ini biasa diikuti oleh orang Jerman sebagai gap year alias break selama kurang lebih satu tahun setelah SMA dan sebelum memilih untuk kuliah atau langsung bekerja.

Tetapi tidak sedikit juga pemuda-pemudi dari luar Jerman seperti Indonesia yang sedang dan telah mengikuti program tersebut.

SYARAT UTAMA

Untuk bisa mengikuti program FSJ kalian harus bisa memenuhi beberapa persyaratan dasar berikut:

– Berusia 18-27 tahun (FSJ) dan lebih dari 27 tahun (BFD)

– Memiliki sertifikat bahasa Jerman minimal A2/B1

– Paspor yang masih berlaku hingga 1 tahun ke depan

– Pernah bekerja/menjadi sukarelawan di bidang sosial (tidak harus)

– Membuat surat motivasi (Motivationsschreiben)

– Membuat CV (Lebenslauf)

FASILITAS

Uang Saku

Walaupun disebut dengan program sukarelawan, akan tetapi dengan mengikuti program ini kalian akan mendapatkan uang saku yang jumlahnya tergantung pada si pemberi kerja.

Biayanya uang saku tersebut berkisar antara 300 – 600 Euro.

Tempat Tinggal (Unterkunft)

Sebagai pendatang, kita tentunya tidak bisa dengan mudah mendapatkan tempat tinggal sendiri di Jerman. Supaya lebih mudah, ada baiknya kita mendaftarkan diri dan memilih tempat yang akan menyediakan Unterkunft atau tempat tinggal.

Ada pemberi kerja yang hanya memberikan uang saku tinggi dan kemudian meminta kita untuk mencari tempat tinggal sendiri. Dari sisi jumlah uang saku tentunya akan terlihat lebih besar, tetapi kita harus mau disibukan dengan pencarian tempat tinggal.

Ada juga pemberi kerja yang langsung memotong uang saku dan mencarikan kita tempat tinggal, sehingga kita tidak perlu repot lagi.

Seminar

Setiap program FSJ biasanya akan memberikan kita kurang lebih 25 hari seminar yang bebas biaya. Seminar ini tentunya akan memberikan kalian kesempatan untuk bertemu sukarelawan dari berbagai belahan dunia lain. Selain itu kalian juga bisa banyak belajar dari seminar ini dan tentunya akan berguna dalam keseharian kalian sebagai seorang relawan.

Libur 26 Hari per Tahun

Hari libur ini tentunya diluar hari libur akhir pekan yang akan kita miliki setiap minggunya. Dengan adanya hari libur ini, kalian bisa travelling.

Visa Kerja FSJ/BFD Selama 1 Tahun

Untuk bisa mengikuti program ini, kalian harus lebih dahulu mendapatkan visa. Dengan visa tersebut kalian tidak hanya bisa tinggal selama satu tahun di Jerman, tetapi juga kesempatan untuk mengunjungi wilayah Schengen lainnya seperti Perancis, Belgia, dan Belanda di saat liburan.

Sertifikat

Di akhir program, kalian masing-masing akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda kalian sudah menyelesaikan program tersebut. Sertifikat ini nantinya juga akan bermanfaat apabila kalian ingin mencari pekerjaan dan melanjutkan hidup di Jerman.

Asuransi

Selama program berlangsung, kalian akan mendapatkan asuransi dari pemberi kerja. Sehingga kalian tidak lagi perlu mencari dan membayar asuransi setiap bulannya.

SITUS PENTING

deutschland.de (Volunteering program) bundes-freiwilligendienst.de (What is FSJ) BFD Germany Situs Resmi Kedubes Jerman (Visa Kerja Sosial)

3 thoughts on “Mau ke Jerman? Coba Program Kerja Sosial Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top