Belajar Bahasa

Penjelasan Level Bahasa A1-C2 & Definisi CEFR

Halo 😊

Pada tulisan kali ini, saya ingin membahas lebih dalam mengenai level bahasa yang dipakai diwilayah Eropa. Mungkin bagi kalian yang tertarik dengan postingan ini, kata-kata ‘‘minimal memiliki sertifikat A1‘‘ tidak asing lagi.

Tapi sebenarnya bagaimana sih pola pembagian level bahasa ini?

Sebelum membahas lebih jauh, yuk simak apa sih sebenarnya CEFR itu?

Baca juga: Lulus Ujian A1&A2 Bahasa Jerman – Belajar Otodidak

DEFINISI:

CEFR atau Common European Framework of Reference for Languages ini dipakai oleh banyak negara di Eropa sebagai penuntun atau rujukan level bahasa yang dimiliki oleh seseorang.

CEFR sendiri membagi level bahasa menjadi enam, yaitu A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Di mana A1 adalah level paling dasar dan C2 adalah level teratas, biasanya si pemilik level ini sangat fasih hingga menyerupai bahasa ibu (Native speaker).

Baca juga: The CEFR Levels

Sumber: badges4languages.wordpress.com

Pengaturan level ini biasanya dapat dibuktikan dengan melakukan ujian sertifikasi, misalnya bahasa Inggris menggunakan IELTS (International English Language Testing System) dan bahasa Jerman melalui sertifikasi ujian di Goethe Institut (Deutschprüfung).

Hasil yang diharapkan pun berbeda-beda. Misalnya saja, untuk menikah dengan au pair Jerman, dibutuhkan bahasa Jerman level A1. Untuk kuliah di Eropa biasanya dibutuhkan bahasa Inggris level B2 atau lebih tinggi.

Baca juga: Tips dan Pengalaman Ujian B1 Jerman Tanpa Kursus

LEVEL A1

Pada level ini, pembicara umumnya bisa memberikan kalimat sederhana yang sering diucapkan sehari-hari. Umumnya digunakan untuk memperkenalkan diri, memberitahukan alamat, membuat pertanyaan sederhana, dsb.

LEVEL A2

Level ini masih mencakup kompetensi dasar. Penutur diharapkan dapat memberikan jawaban dan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya seperti tentang keluarga, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, dsb. Pada level ini penutur juga diharapkan untuk bisa membuat dirinya dimengerti oleh pendengar.


LEVEL B1

Level ini sudah tidak lagi bagian dari level pemula. Jika sudah mencapai level ini, biasanya kita akan bisa memberikan pendapat sederhana tentang suatu topik. Kita juga akan merasa lebih fleksibel dalam berbicara dibandingkan dengan jika kita masih berada di level A1/A2.

LEVEL B2

Pada level ini, kita akan mengerti poin utama dari beragam tema. Kemampuan beropini kita juga akan lebih meningkat dibandingkan level sebelumnya. Apabila ada pertanyaan yang diberikan secara spontan, kita juga akan merasa lebih mudah dan fleksibel dalam menjawab.


LEVEL C1

Pada level ini, seseorang akan dikatakan fluent alias fasih dalam berbahasa asing. Penggunaan bahasanya pun akan lebih terstruktur rapih dan bisa digunakan secara profesional, misalnya dalam pekerjaan ataupun secara akademik.

LEVEL C2

Level C2 adalah level di mana penutur akan menjadi sangat fasih. Sekalipun dihadapkan dengan berbagai jenis pertanyaan dan situasi, tidak akan sulit bagi si penutur untuk menjelaskan maksudnya. Secara grammatik pun si penutur akan sangat terstruktur.

Baca juga: Goethe CEFR Levels


Kalau boleh tahu, apa level bahasa kalian? dan apa target level kalian selanjutnya?

Yuk sharing di kolom komentar 😊

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat 🌈

One thought on “Penjelasan Level Bahasa A1-C2 & Definisi CEFR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top