FSJ/BFD Jerman

FSJ dan Bulan Pertama di Jerman

Halo teman pembaca 😊

Senang sekali akhirnya saya bisa kembali menulis setelah sekian lama vakum. Selama mengikuti program FSJ ini (Mau ke Jerman? Coba Program Kerja Sosial Yuk!), saya berjanji pada diri sendiri untuk menulis artikel setiap bulannya. Selain untuk kenangan buat diri sendiri, siapa tau cerita saya bisa jadi bahan pembelajaran juga untuk teman-teman semua 😊

FSJ DI SEKOLAH WALDORF

Salah satu bangunan di Sekolah

Di Jerman saya berkesempatan untuk mengikuti program FSJ di sebuah sekolah Waldorf untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Salah satu yang saya sukai adalah bangunan sekolah yang merupakan bangunan kastil tua yang didisain kembali menjadi sekolah dan asrama.

Selama bulan September ini matahari masih bersinar cerah, musim panas belum berakhir sehingga bangunan dan area sekolah terlihat makin cantik.

Tempat saya FSJ ini bukanlah hanya sekolah saja, melainkan sebuah Lebensgemeinschaft atau komunitas di mana semua orang, termasuk yang berkebutuhan khusus, tinggal dan bekerja bersama.

Saya sendiri sangat senang dengan area saya bekerja. Bangunan dan areanya cantik. Orang-orang yang spesial di sini juga memiliki pekerjaan seperti membuat peralatan makan dari tanah liat, perkakas dari kayu, atau bekerja di ladang.

Di area kastil ini, terdapat gedung sekolah, asrama, tempat bekerja, hingga tempat tinggal untuk para FSJ/BFD dan Azubi.

Ladang tempat bercocok tanam

SUASANA DI KELAS

Kelas yang penuh ornamen kayu

Sekolah tempat saya bekerja ini menganut sistem pendidikan Waldorf yang berbeda dan tidak seberat kurikulum pendidikan pada umumya. Ruangan kelas didisain dengan kayu-kayu berwarna cerah yang memberikan kesan hangat dan damai.

Di dalam kelas ini terdapat satu orang guru, satu orang FSJ (saya), dan dua helper. Kedua orang helper ini bertugas untuk menemani dua orang anak yang memang membutuhkan pertolongan yang intensif.

KEGIATAN DI SEKOLAH

Menemani seorang murid berkuda

Setiap hari Senin pasti ada kegiatan yang selalu berkaitan dengan alam seperti berkuda atau memberi makan hewan. Saya sendiri menganggap aktivitas ini adalah sesuatu yang bagus untuk anak-anak.

Saya sendiri punya kenangan yang hangat ketika menemani seorang anak berkuda. Berkat kegiatan ini, saya bisa jadi lebih dekat dengan anak yang harus saya temani di sekolah.

TEMPAT TINGGAL

Tempat tinggal saya bisa dibilang adalah hal yang paling membuat saya stress di bulan awal ini. Kamar yang kecil dan lemari-lemari tua di dalamnya tidak membuat saya merasa nyaman. Belum lagi ditambah dengan area rumah yang kotor dan tidak adanya WIFI.

Minggu-minggu pertama saya gunakan untuk membersihkan rumah saya tinggal yang disebut dengan Wohnungsgemeinschaft ini. Saya bahkan menemukan mangkuk penuh jamur di dalam kulkas!

Yang membuat sedih adalah, semua FSJ mendapatkan tempat tinggal dengan nilai yang sama yaitu sekitar 200 Euro. Akan tetapi kualitas kamarnya berbeda-beda. Kamar saya misalnya, adalah kamar terkecil di rumah ini.

Akan tetapi daripada sering mengeluh, saya mencoba untuk membuat diri saya senyaman mungkin. Kamar ini tentunya selalu saya bersihkan sehingga walaupun tua, tetap bersih. Saya juga memetik bunga-bunga liar untuk menghias kamar.


Yah, namanya juga baru pindah. Tentunya saya perlu beradaptasi dan mencoba untuk lebih merasa rumah di kamar yang sekarang saya tinggali ini.

Salam hangat dari Jerman yang mulai sering hujan 🌧

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top