Site Overlay

Menikmati Proses

Berapa banyak dari kalian yang mungkin melihat sesuatu/seseorang di sosmed dan bilang,
„Wah enak nih tinggal di LN. Kayaknya hidup nya nyaman banget“

Tapi ketika misalnya kalian harus belajar bahasa Jerman, males2an.
Harus A1 dulu lah. Eh harus au pair dulu kah? Nggak bisa langsung kerja?
Kalau langsung jadi nyonyah aja gabisa ya? hehe

Bisa sih, tapi proses yang kalian lalui dari bawah itulah yang akan membantu kalian bertahan ketika sudah mencapai goal kalian.

Mulai dari belajar bahasa, tinggal di rumah keluarga asuh, yang mungkin sebenernya gak selalu terasa seperti rumah. Yah namanya juga numpang hehe

Saya pribadi banyak belajar dari saat saya au pair 2 tahun di Denmark.
Jadi tahu misalnya, banyak orang lokal yang sangat disiplin. Terkadang kita yang terbiasa dengan budaya „santuy“ ini ngga selalu bisa mengikuti dengan cepat.

Kebiasaan tepat waktu, disiplin, dan berani mengutarakan pendapat itu bukan sesuatu yg bisa dikebut kejar semalam.

Jadi proses apapun yang sedang kita jalani, memang harus juga kita nikmati.

Nanti ada saatnya kita bilang „Wah untung dulu saya udh pernah melakukan hal tsb“

and at the end,

What doesn’t kill you,
makes you stronger
💪

Pengalaman
adalah guru
yg paling berharga 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up