Site Overlay

Umur 20an: Hal yang Bisa Dilakukan Selagi Muda

Usia 20an itu menurutku usia yang cukup kritis. Ibarat kata, di usia inilah kita harus paling banyak dan giat mengumpulkan bekal untuk masa depan. Menurutku, ketika berumur 20an, kita masih punya tenaga tetapi juga semangat untuk mengejar cita-cita.

Bagi kalian di luar sana yang sedang dalam masa quarter life crisis (sebutan untuk kegalauan di usia 20an), mungkin tulisan ini bisa membantu.

MERINTIS KARIR

Salah satu hal yang paling umum dilakukan di usia muda adalah merintis karir. Menurut salah satu financial guru (nggak ingat namanya), merintis karir di sini bukan hanya bekerja keras tanpa lelah, tapi juga mengumpulkan pengalaman dan pelajaran sebanyak-banyaknya.

Terkadang kan orang memilih pekerjaan bukan karena ingin belajar, tapi ingin gaji besar. Menurut si financial guru ini, lebih baik memilih pekerjaan yang memberikan banyak pelajaran dari pada gaji di usia 20an. Kenapa karena di usia ini kita harus rajin-rajinnya menanam sehingga di babak selanjutnya dalam hidup kita, barulah kita bisa menuai. Mungkin sederhananya, lebih baik sekarang berusaha dan belajar dan tidak fokus pada gaji dari pada jadi kutu loncat di perusahaan yang berbeda-beda karena hanya menginginkan uang lebih.

MENGEJAR PENDIDIKAN

Di jaman sekarang ini, ku perhatikan banyak anak muda yang sudah PhD sekalipun belum memasuki usia 30an. Keren ya. Memang menurutku pendidikan akan lebih mudah dikejar ketika belum berkeluarga, karena kita masih bisa egois dan mementingkan pendidikan kita. Ketika sudah masuk usia baru dan memutuskan untuk berkerluarga, tentunya akan sulit untuk fokus pada pendidikan karena harus mementingkan anak-anak dan pasangan kita juga.

TRAVELLING

Banyak yang berdebat apakah mengumpulkan uang dulu di masa muda baru travelling di masa tua atau travelling saja sebanyak-banyaknya di masa muda tanpa menabung. Menurut saya travelling bisa lebih menyenangkan di usia muda dan ketika masih single. Selain masih bisa menekan budget dengan cara backpaker, kita juga belum berkeluarga sehingga tidak perlu pusing memikirkan kebutuhan keluarga ketika travelling. Banyak anak, banyak pengeluaran hehe

Coba kalau usia 30an ke atas, kayaknya males deh nginep di penginapan murah yang terbatas apalagi jalan kaki untuk sightseeing di kota, kayaknya mudah pegal! hehe

Akan tetapi, ada baiknya kalau tabungan untuk travelling tidak melebihi tabungan yang kita khususkan untuk masa depan kita. Travelling itu gak perlu mahal lho 🙂

MENCARI PENGALAMAN KE LUAR NEGERI

Salah satu hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan selagi muda ya apalagi kalau bukan keluar negeri dan melihat dunia.

Banyak sekali program yang bisa kita ikuti, akan tetapi terkadang kita malas mencari informasi. Belum lagi, kebiasaan masyarakat yang masih terbiasa dengan pola kuliah-kerja-nikah. Rasanya pergi ke luar negeri bukan sesuatu yang lumrah untuk dilakukan.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencari pengalaman ke luar negeri, sebenarnya banyak cara yang bisa diikuti. Ketika kuliah dulu, aku mengikuti konferensi Model United Nations di Belgia. Caranya? Mencari informasi di kampus. Cerita mengenai pengalaman konferensi di Belgia bisa dilihat di sini: MUN di Belgia

Selain itu kita juga bisa mengikuti program au pair. Program ini dikususkan bagi kalian yang masih muda (20-30 tahun), single, dan belum memiliki anak. Tulisan mengenai pengalaman mengikuti au pair di Swedia dan Denmark juga sudah kubuat, siapa tau bermanfaat, bisa dibaca di sini:

Langkah-langkah menjadi Au pair Swedia – Tanpa Agen

How to be an Au Pair in Denmark?

Kalau kalian ingin pergi ke negara yang dekat dengan Indonesia, kalian juga bisa mengikuti program WHV (Working Holiday Visa) di Australia. Kalian bisa mengambil pekerjaan yang sifatnya kasual, seperti memetik buah atau barista dan menggunakan gaji kalian untuk berlibur di sekeliling Australia. Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Australia. Info mengenai program bekerja dan berlibur di Australia ini sudah banyak bisa kita temukan di mesin pencari atau google.

Info terakhir adalah dengan bekerja di Kanada. Kalau kalian membuka youtube, coba deh tulis “cara bekerja di Kanada“. Kalian akan melihat banyak vlog yang sangat informatif tentang bekerja di Kanada.


 

Pada akhirnya, semua pilihan ada di tangan kalian. Toh konsep bahagia setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang sudah bahagia kalau dapat pekerjaan tetap dan menjadi PNS misalnya, ada juga yang ingin mencari pengalaman dan travelling sebanyak-banyaknya selagi muda. Yang paling penting adalah, kalian sudah memikirkan matang-matang kekurangan dan kelebihan dari pilihan kalian masih-masing. Apakah pilihan kalian di masa muda ini sudah membawa kalian lebih dekat ke mimpi yang ingin kalian raih?

Salam semangat 🙂

 

 

3 thoughts on “Umur 20an: Hal yang Bisa Dilakukan Selagi Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *