Resolusi 2020: Mempraktikkan MINDFULNESS dan MINIMALISM

Pernah ngga sih merasa penat dengan keseharian, atau bosan dengan kegiatan yang begitu-begitu saja?

Seringkali, perasaan seperti ini muncul bukan karena kita berada dalam kondisi yang buruk tetapi karena pikiran kita yang penat.

Belakangan ini, aku banyak tertarik dengan praktik Mindfullness dan Minimalism.

sumber: Pixabay

MINDFULNESS

A mental state achieved by focusing one’s awareness on the present moment, while calmly acknowledging and accepting one’s feelings, thoughts, and bodily sensations, used as a therapeutic technique.

Google. Oxford English Dictionary

MINIMALISM

Minimalism is a tool to rid yourself of life’s excess in favor of focusing on what’s important—so you can find happiness, fulfillment, and freedom.

theminimalists.com

Kenapa tertatik?

Seringkali aku merasa kalau aku terlalu memberikan banyak beban pikiran terhadap diri sendiri. Sifat naturalku sendiri memang seorang pemikir, dan memang aku sendiri memiliki tendensi untuk over-thinking. Akan tetapi, aku mau selalu belajar untuk menikmati proses hidup dan tidak terlalu tergesa-gesa dalam berpikir.

Selain itu, selama setahun lebih tinggal di Eropa aku juga menyadari kalau aku sudah mengumpulkan banyak barang, seperti pakaian dan buku. Rasanya kok sayang sekali kalau meghamburkan uang untuk membeli sesuatu hanya karena keinginan semata. Semua jenis pakaian yang kuperlukan untuk empat musim juga ada, bahkan dengan kelebihan jaket yang ingin kusumbangkan ke Palang Merah Denmark atau ke H&M.

Rasanya aku mau mencoba mempraktikan hidup dengan pikiran yang secara konstan tenang dan damai, serta memanfaatkan apa yang sudah kumiliki tanpa harus memenuhi nafsu dan diskon akhir tahun yang gila!

Belum lagi, informasi mengenai fast fashion industry yang miris. Misalnya saja sehelai pakaian buatan Indonesia yang dijual seharga 200 DKK di Denmark (sekitar Rp400.000,-), tetapi buruh yang membuat hanya dibayar mungkin 5 DKK atau sekitar Rp10.000,- per jam di Indonesia.

sumber: Pixabay

Lalu apa saja langkah yang akan aku lakukan untuk mempraktikan Mindfulness dan Minimalism?

  1. Bangun pukul 6.00 setiap weekdays
  2. Berdoa atau bermeditasi
  3. Membuat to-do lists
  4. Tidak tergesa-gesa dalam keseharian, misal ketika makan atau berjalan
  5. Makan secukupnya dan mengurangi konsumsi gula
  6. Bersepeda lebih sering lagi
  7. Tidak membeli barang kebutuhan sekunder atau tersier
  8. Menanamkan pikiran positif dan less judgement terhadap diri sendiri dan orang lain

Nomor 7 dan 8 kemungkinan akan menjadi yang paling menantang. Mudah-mudahan aku bisa menjadi the better version of myself di tahun baru 2020.

Selamat tahun baru! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.