Photo by Oleg Magni on Pexels.com

Belakangan ini aku punya hobi baru, mendengarkan Podcast atau menonton video Youtube yang isinya mengenai keuangan dan investasi.

Salah satu video yang lumayan menyentil buatku dibuat oleh salah satu komikus kenamaan, Raditya Dika.

Di video berdurasi kurang lebih sepuluh menit 10, Radit mengatakan kalau dirinya sendiri sudah merencanakan hari pensiunnya sejak dini dan bahkan sudah siap pensiun! Menarik bukan. Selain video tersebut, Radit juga memiliki beberapa video lain yang berhubungan dengan keuangan.

Di Indonesia, biasanya pensiun dimiliki oleh mereka yang bekerja dengan pemerintah dan bukan di perusahaan swasta. Masih sedikit orang Indonesia yang sudah benar-benar merencanakan pensiun mereka.

Aku sendiri sudah memiliki target personal sendiri untuk jangka waktu tertentu dan sekarang sedang dan masih akan terus belajar untuk mengatur keuangannya dengan baik. Selain itu, aku juga berusaha untuk hidup secara frugal dan minimalis.

Video lain yang tak kalah menarik dibuat oleh Felicia Putri Tjiasaka. Felicia ini juga mengisi konten youtubenya dengan hal-hal yang berbau finance. Salah satu video yang paling menarik adalah:

Menarik banget ya?

Sepertinya lingkungan hidup millenial membuat kita lebih boros. Aku sendiri baru banyak belajar tentang keuangan ketika tiba di Denmark. Sadar kalau segala sesuatunya serba mahal, aku pun mulai mencatat keuangan bulanan dengan perhitungan sederhana.

Apakah ada dari kalian yang sedang memulai berinvestasi?

Instrumen investasi apakah yang paling menarik untuk kalian?

Abigail Tessa