Saat ini dunia sedang digegerkan oleh virus Corona. Virus yang awalnya berasal dari daratan Cina ini sekarang sudah merajalela di Eropa. Menurut kabar terakhir, Eropa sudah menjadi epicentrum dari virus ini.

Denmark, negara tempat saya tinggal sekarang, juga tidak kalah geger. Padahal salam banyak kasus, Denmark terkenal sebagai negara yang tenang, aman, damai. Jauh dari hiruk-pikuk.

Akan tetapi, setelah terdapat kurang lebih 600 orang yang terkena Corona, pemerintah Denmark memutuskan untuk melakukan sistem locked down, alias menutup semua batas negara. Saat ini, pasien positif Corona di Denmark sudah mencapai kurang lebih 800an. Angka ini diambil dari pasien yang sudah benar-benar sakit, sedangkan orang yang mengalami gejala ringan diminta untuk tetap beristirahat di rumah.

Keadaan locked down ini terjadi terakhir kali saat perang dunia kedua dan sekarang karena virus Corona. Untukku pribadi, ini adalah peristiwa historis dalam hidup.

Mata uang rupiah yang tadinya menguat pun sekarang melemah terhadap Danish Krona. Orang-orang berbondong-bondong membeli kebutuhan pokok di supermarket, hingga habisnya tissue toilet 🤪

Aku sendiri menghabiskan akhir pekan bersama dua orang teman asal Indonesia. Kami yang biasanya berpelukan, kali ini hanya melakukan toss dengan sebelah kaki kami sambik cekikikan.

Kalau diberi umur hingga tua, satu saat aku pasti akan mengingat peristiwa locked down ini.

Mudah-mudahan pandemi ini segera mereda, ekonomi kembali stabil, dan aktivitas bisa dilakukan seperti biasa.

Stay safe everyone 😇

Abigail Tessa