Site Overlay

Bekerja Profesional setelah Au Pair. BISA?

Ada beberapa teman di media sosial yang bertanya,

Apa bisa bekerja setelah masa au pair habis?

Jawaban singkatnya, BISA. Tetapi…

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memiliki harapan besar untuk bekerja di suatu negara.

Apa saja kemungkinan yang harus dipertimbangkan?

1. Apakah sudah menemukan tempat kerja

Kelihatannya mudah, tetapi pencarian tempat kerja ini tidak bisa asal-asalan. Sebagai penduduk non-EU, kita diharuskan untuk mendapatkan pekerjaan yang nantinya seluruh berkas dari pemberi kerja bisa digunakan untuk melamar visa kerja.

2. Gaji yang sesuai syarat imigrasi setempat

Apabila pemberi kerja tidak bisa memberikan gaji yang dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, biasanya visa kerja tidak akan dikabulkan. Tanpa visa kerja, kita tidak akan bisa bekerja di negara tujuan kita.

Di Denmark misalnya, ada satu list yang disebut dengan positive list, yaitu profesi-profesi yang paling dibutuhkan di Denmark. Diantaranya adalah tenaga ahli IT and peneliti.

Positive List Denmark Maret 2019 (ENG)

3. Bersaing dengan warga lokal dan EU

Salah satu tantangan bekerja di Eropa adalah bersaing dengan penduduk yang berasal dari Uni Eropa itu sendiri. Seandainya kamu berada di satu negara, misalnya Denmark atau Belanda, maka saingan kalian bukan hanya orang Denmark atau Belanda saja. Melainkan juga misalnya orang Jerman yang ingin bekerja di Denmark, orang Swedia yang ingin bekerja di Belanda, dsb.

Pasalmya, para warga Uni Eropa ini tidak membutuhkan visa yang rumit seperti kita penduduk non-EU (tidak memiliki paspor negara di Uni Eropa).

4. Bahasa Lokal

Setelah urusan birokrasi, masalah bahasa juga bisa menjadi kendala. Sekalipun kalian bisa berbahasa Inggris, akan lebih baik lagi bila kalian menguasai bahasa lokal. Sehingga kalian bisa hidup dan berintegrasi di negara tujuan.

Nah apabila kalian tertarik, tentu kalian bisa mendaftar setelah masa au pair. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa ijazah kalian berlaku di negara tersebut.

Semoga tulisannku ini menjawab ya 😊

2 thoughts on “Bekerja Profesional setelah Au Pair. BISA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *