Site Overlay

Wortschatz auf Deutsch Harus Hafal SEMUA?! Baca TIPS dan TRIK nya

Salah satu tantangan saat memepelajari bahasa baru adalah kosa kata atau yang sering disebut dengan vocabulary atau wortschatz dalam bahasa Jerman.

Saat belajar bahasa secara otodidak, kosa kata baru tentunya juga menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Banyak sedikitnya kosa kata yang saya miliki ini bakal berperan penting saat ujian. Misalnya saja saat bagian Lesen, bagaimana saya mau menjawab kalau arti bacaannya saja nggak tahu.

Berikut ini tips dari saya, yang juga masih terus belajar, bagaimana sih caranya memahami kosa kata baru?

TIPS MEMAHAMI KOSA KATA BARU

JANGAN HANYA DIHAFAL

Saya adalah salah satu orang yang malas menghafal. Lah, lantas bagaimana ketika menghadapi kosa kata baru?

BEDAH SOAL A1 Jerman di Goethe Institut: SCHREIBEN

Biasanya, saya berusaha untuk lebih memahami dan mencoba menggunakan kosa kata tersebut saat latihan. Dengan demikian, saya menjadi terbiasa dengan kata-kata baru tersebut sehingga kosa kata baru tersebut lebih melekat di pikiran saya. Daripada saya ngos-ngosan meghafal semua kosa kata yang ada, lebih baik saya membiasakan diri saja melalui latihan.

Katanya kan, menjadi bisa karena terbiasa 🙂

BEDA LEVEL BEDA CERITA

Kalau kalian baru saja memulai belajar bahasa Jerman dan ingin melakukan tes A1, jangan takut dan jangan gegabah. Kalian NGGAK HARUS menghafal semua kosa kata yang ada. Kalian hanya perlu fokus pada kosa kata yang biasanya keluar pada ujian Goethe untuk level A1.

Gak Punya Sertifikat Bahasa? Coba Au Pair di 3 Negara Skandinavia Aja

Wah memang ada ya?

Ada. Karena Goethe Institut menyediakan Wortliste untuk level A1 hingga B1. Jadi kalian bisa membaca dan memahami kira-kira kosa kata mana yang peting untuk setiap level.

A1 Goethe Wortliste

Menurut saya pribadi, level A1-B1 itu belum termasuk level fluent atau lancar. Sehingga, fleksibilitas kalian dalam memproduksi kalimat juga sebenarnya mungkin belum terlalu tinggi.

Saat sudah memasuki level B2-C2, biasanya si penutur bakal berasa lebih leluasa untuk berpendapat, alias tingkat kosa kata yang dimiliki juga sudah semakin tinggi.

MENULIS SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK

Salah satu sistem belajar yang sering saya terapkan ketika belajar bahasa mulai dari level A1 hingga B1 adalah menulis kosa kata dan artinya sembari mendengarkan musik Lofi.

Tips dan Pengalaman Ujian B1 Jerman Tanpa Kursus

Apa tuh musik Lofi? Bagi kalian yang suka mendengarkan musik, mungkin saja metode ini akan sangat berguna. Tinggal di cari saja di Youtube atau Spotify: Lofi Beats for Studying.

Biasanya lumayan ada kosa kata baru yang terserap ketika saya menerapkan teknik ini.

Lulus Ujian A1&A2 Bahasa Jerman – Belajar Otodidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *