Site Overlay

DAFTAR BEASISWA KE EROPA SELAIN LPDP

Salam hangat dari Jerman!

Setiap tahunnya pasti banyak dari teman-teman pembaca sekalian yang mendaftarkan diri untuk beasiswa. Alasannya tentunya bermacam-macam, mulai dari ingin melanjutkan pendidikan, menambah wawasan, hingga mencoba untuk hidup mandiri di luar negeri.

Bagi kalian yang telah lulus diterima beasiswa LPDP, selamat!

Tetapi bagi yang belum, jangan berkecil hati.

Berikut Ini Daftar Beasiswa yang Bisa Membawa Kalian Ke Eropa

SWEDISH INSTITUTE (Si)

The Swedish Institute

Sesuai dengan namanya, Swedish Institute diperuntukkan bagi kalian yang ingin studi di Swedia. Salah satu negara di Skandinavia ini terkenal dengan alamnnya yang cantik, kecintaannya akan kopi, penulis sendiri pernah menghabiskan waktu selama tiga bulan di Swedia untuk mengikuti pertukaran budaya.

Menjadi Au Pair Swedia, Tanpa Agen

Salah satu persyaratan utama dari beasiswa ini adalah:

– Memiliki minimal 3000 jam pengalaman kerja

– Punya pengalaman Leadership

Sudah diterima di salah satu program Master di Swedia

Lalu apa saja dokumen yang dibutuhkan?

Kalian bisa baca lebih lanjut di situs Swedish Institute: Indonesia

STUNED (Study in Netherland)

Sumber: Neso Indonesia

Bagi kalian yang tertarik dengan negara kincir angin ini, beasiswa yang satu ini tentunya membawa angin segar. Selain terkenal dengan inovasinya, Belanda juga dihuni oleh banyak orang Indonesia lho. Sehingga rasa rindu kalian akan tanah air dan tentunya juga akan masakan Indonesia akan lebih teratasi jika kalian memutuskan untuk studi di negara yang satu ini.

Lantas apa saja sih peryaratan utamanya?

– IPK minimal 3,00

– Berusia maksimal 40 tahun

– Memiliki pengalaman kerja di bidang yang sesuai

Tunggu apalagi, yuk baca lebih lanjut informasinya di situs StuNed: Beasiswa STUNED

CHEVENING SCHOLARSHIP (UK)

Sumber: chevening.org

Beasiswa yang satu ini diperuntukkan bagi kalian yang mau lanjut studi di UK alias Inggris Raya. Pasti banyak banget ya yang pengen ke negara yang satu ini. Syarat utama dari beasiswa ini lagi-lagi berfokus pada leadership and strong academic background. Jadi bagi kalian yang aktif di kampus dan punya nilai IPK yang memuaskan, bisa jadi nilai plus tersendiri.

Tahapan seleksi beasiswa Chevening juga sangat komprehensif. Bukan hanya melampirkan dokumen saja, kamu juga akan diuji melalui panel interview yang kemungkinan diadakan di Kedubes Inggris di Jakarta.

Chevening dibuka setiap tahunnya, biasanya di bulan September. Bagi kalian yang tertarik, langsung cek websitenya: Chevening Scholarship – Indonesia

MASTER MIND SCHOLARSHIP (MMS)

Sumber: Study in Flanders

Wah dari namanya, bikin penasaran ya!

Bagi kamu yang ingin kuliah di Belgia, kamu bisa menajal beasiswa yang satu ini. Master Mind Scholarship memberikan dana kepada setiap penerima beasiswa sebesar 8000 Euro setiap tahunnya, dengan syarat masa studi tidak melebihi 2 tahun.

Meski begitu, beasiswa yang satu ini tidak terlalu banyak kuotanya. Pada setiap institusi, MMS hanya memberikan kuota untuk 20 orang!

Selain itu syaratnya juga sangat kompetitif, yaitu:

– IPK minimal 3.5

– Nilai IELTS minimal 7.0

– Nilai TOEFL minimal 94

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website MMS – Study in Flanders

BEASISWA DARI UNIVERSITAS

Sumber: Pexels

Setelah mencari beasiswa dari berbagai lembaga atau institusi dan belum mendapatkan informasi, kalian juga bisa mendaftar beasiswa langsung di universitas yang kalian tuju.

Biasanya, kalian diharapkan untuk sudah diterima di Universitas tersebut dan tentunya memiliki Letter of Acceptance (LoA).

Ada juga beberapa beberapa beasiswa dari Universitas yang mengharuskan kamu untuk sudah terdaftar di Uni tersebut (re: enrolled) untuk kemudian mendaftar beasiswa dengan nilai dari semester sebelumnya.

Lantas, apa saja nih link nya?

Lund University Scholarship (Swedia)

Leiden University Scholarship (Belanda)

Orange Tulip Scholarship (Belanda)

Holland Scholarship (Belanda)

University of Essex Scholarship (UK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *