Langkah Membeli Tiket Pesawat melalui Skyscanner

Situs Skyscanner: https://www.skyscanner.co.id/

Bagi kalian yang ingin studi, bekerja, atau mengikuti program au pair, dsb., membeli tiket pesawat tentunya merupakan salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan.

Tulisan kali ini akan membahas tentang salah satu cara memilih tiket pesawat yang aman melalui Skyscanner. Skyscanner sendiri merupakan salah satu platform online yang dapat membantu kita untuk menemukan tiket pesawat dari dan ke berbagai belahan dunia. Perlu diingat, Skyscanner tidak menjual tiket melainkan hanya mengumpulkan data tiket pesawat dari berbagai platform online lainnya. Sehingga kostumer bisa memilih sendiri mana tiket yang ingin dibeli, biasanya didasarkan pada faktor harga dan yang tidak kalah penting keamanan dalam bertransaksi.


LANGKAH 1

MEMILIH TUJUAN DAN WAKTU PENERBANGAN

Walaupun terdengar sederhana, tujuan dan waktu penerbangan ini tentunya juga akan memengaruhi harga jual tiket. Apabila kalian fleksibel, kalian akan punya lebih banyak pilihan harga tiket dan juga kesempatan untuk mendapatkan tiket yang murah.

LANGKAH 2

MEMERIKSA DETAIL PENERBANGAN

Sebelum melanjutkan, ada baiknya kita memeriksa kembali detail penerbangan kita. Apakah sudah sesuai dengan pilihan kita sebelumnya. Yang paling penting di sini adalah untuk memeriksa dan mencatat kembali waktu penerbangan kita. Jangan sampai sudah bayar, tetapi malah ketinggalan pesawat.

LANGKAH 3

MEMILIH WEBSITE UNTUK PROSES PEMBELIAN

Langkah berikut ini merupakan salah satu langkah terpenting.

Seperti penjelasan sebelumnya, Skyscanner hanya membantu kita dengan cara menampilan variasi harga tiket dari berbagai sumber di internet.

Sehingga kita sendiri yang harus pintar-pintar memilih sehingga tidak harus berurusan dengan website scammer alias penipu.

Beberapa tips yang bisa kalian gunakan saat memilih adalah:

  • Fokus pada review website dan bukan hanya pada harga murah
  • Pilih website yang familiar untuk kalian
  • Kalau bisa pilihlah website resmi dari maskapai penerbangan

Hal-hal di atas penting untuk dicatat karena terkadang ada website scam yang hanya ingin menarik uang dari kostumer dengan cara memamerkan harga termurah saja!

Kalian juga bisa melihat review dari suatu website melalui situs Trust Pilot: https://de.trustpilot.com/

LANGKAH 4

MASUK KE WEBSITE PENJUAL TIKET

LANGKAH 5

MELAKUKAN PEMBAYARAN

Pada langkah terakhir ini kita diminta untuk mengisi data diri dan tentunya sesuai dengan paspor. Setelah pengisian data diri dan email, proses pembayaran pun akan dimulai. Biasanya transaksi online ini memerlukan kita untuk memiliki kartu kredit atau kartu berlogo MasterCard/Visa.

Jika kalian tidak memiliki kartu kredit, mungkin bisa disisasati dengan meminjam kepada keluarga atau kerabat dekat. Tentunya kalian juga harus mengembalikan uang setelahnya.

Kalian juga bisa membuat akun Transferwise untuk mendapatkan kartu berlogo MasterCard saat sudah berada di Eropa.

Membuat akun Transferwise: http://ceritavoneropa.com/2020/08/21/mudahnya-kirim-uang-ke-indonesia/



Jadi, apa kalian sudah berhasil membeli tiket melalui Skyscanner?

Yuk ceritakan pengalaman kalian melalui kolom komentar.

2 Comments Add yours

  1. Juanda says:

    Saran saya jgn hanya cek penerbangan di skyscanner, tapi juga di beberapa search engine lain utk perbandingan harga. Baru2 ini saya beli tiket di search engine selain skyscanner dng harga tiket lebih murah 18€.

    1. Setuju sekali, memang banyak aplikasi lain untuk membeli tiket.
      Tapi jangan lupa juga untuk dicek kembali review dari aplikasi atau website tersebut. Jangan sampai murah tapi nanti malah kena tipu.

      Terimakasih sudah berkunjung ke ceritavoneropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *