Site Overlay

Mendaftar Ausbildung Bidang Kimia di Jerman

Salah satu program incaran bagi teman-teman yang ingin pergi ke Jerman adalah Ausbildung. Bagi yang baru dengan istilah ini, Ausbildung adalah program bekerja sekaligus sekolah yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan Jerman.

Program Ausbildung tentunya sangat berbeda dengan kuliah, karena program ini tidak hanya menyediakan kesempatan untuk belajar tetapi lebih lagi kesempatan untuk langsung kerja praktik. Sehingga ketika lulus, para Azubi (sebutan untuk orang yang menjalani program Ausbildung) akan memiliki skill yang akan sangat berguna untuk perusahaan.

Meskipun kebanyakan orang Indonesia yang mengikuti Ausbildung di bidang kesehatan, seperti perawat lansia (Altenpflege) , perawat di RS (Krankenpflege), atau perawat untuk orang-orang berkebutuhan khusus (Heilerziehungspflege), sebenarnya di Jerman ada banyak sekali berbagai program Ausbildung di bidang lain.

Tidak sedikit orang Indonesia yang bekerja sebagai perawat di Jerman

Daftar Bidang Kerja Ausbildung – Ausbildung.de

Beberapa banyak juga yang bekerja di bidang perhotelan dan gastronomi. Tetapi ada juga yang bekerja di bidang lain, misalnya di bidang sains atau Naturwissenschaft.

Salah satu orang Indonesia misalnya berhasil bekerja dan lulus dari program Ausbildung di bidang Teknik Industri. Kisah inspiratifnya bisa kalian baca di sini:

Denkspa: Perjuangan Mendapatkan Ausbildung di Bidang Teknik

Pada tulisan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya secara singkat dan padat mengenai perjalanan saya untuk melamar kerja dan mendapatkan visa untuk Ausbildung di bidang kimia.

JENIS AUSBILDUNG DI BIDANG KIMIA

Apa yang muncul di kepala kalian ketika mendengar soal Ausbildung di bidang kimia?

Mungkin kalian membayangkan orang-orang yang menggunakan jas putih laboratorium yang sedang memegang gelas kimia berisi cairan warna-warni. Mirip!

Tapi kabar baiknya, Ausbildung di bidang yang satu ini tidak hanya terdiri dari satu program saja.

Beberapa jenis program Ausbildung di bidang kimia:

– Chemielaborant/in

– Chemikant/in

– Lacklaborant/in

Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari beberapa bidang tersebut, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk mengenal program-program tersebut lebih lanjut adalah dengan menonton dari video YouTube. Karena dari video-video tersebut kalian bisa mengenal lebih lanjut, apa saja Aufagaben (tugas-tugas) yang dilakukan pada bidang-bidang tersebut.

Bayerische Rundfunk: Ausbildung als Lacklaborant/in

PROSES DAN WAKTU MELAMAR KERJA

Saat melamar Ausbildung, saya sedang bekerja sebagai FSJ di sebuah sekolah Waldorf untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Karena saya bekerja kurang lebih 40 jam per minggu, sehingga saya memanfaatkan waktu sepulang kerja dan saat akhir pekan untuk mengirim lamaran.

Perlu diingat: Pendaftaran program Ausbildung dibuka 1 tahun sebelum tahun ajaran baru dibuka.

Kebanyakan program Ausbildung dimulai pada tanggal 1 September. Jadi seandainya kalian ingin mendaftar Ausbildung untuk 1 September 2021, maka pada akhir tahun 2020 (September-Desember 2020) kalian sudah memulai proses melamar kerja.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

Dokumen yang diperlukan untuk melamar Ausbildung:

Lebenslauf (Google: CV Europass)

Anschreiben

Motivationsschreiben

– Sertifikat Bahasa (minimal B1)

Baca juga:

Tips dan Pengalaman Ujian B1 Jerman Tanpa Kursus

Lulus Ujian A1&A2 Bahasa Jerman – Belajar Otodidak

– Foto formal

Zeugnis

– Screenshoot dari Anabin Informasi Anerkennung di Jerman

Untuk screenschoot dari Anabin saya gunakan berdasarkan informasi yang saya dapat setelah menghubungi pihak Arbeitsagentur. Jadi sebagai alternatif dari Anerkennung, pendaftar dapat menyertakan screenshoot dari Anabin yang berisi nama universitas, jurusan, serta apakah pendidikan terakhir kita tersebut dianggap setara.

PROSES SELEKSI:

EINSTELLUNGSTEST, VORSTELLUNGSGESPRÄCH, DAN PROBETAG

Setelah mengirimkan lamaran, kalian akan mendapatkan dua jenis jawaban: ditolak atau diterima untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Apabila kalian diterima untuk mengikuti tahap selanjutnya, kalian kemungkinan dihadapkan pada Einstellungstest, Vorstellungsgespräch, atau Probetag.

Dari hasil observasi, menurut saya Einstellungstest biasanya diberikan oleh perusahaan besar yang mendapatkan ratusan atau bahkan ribuan pelamar sekaligus. Oleh karena itu Einstellungstest ini digunakan untuk menyaring pelamar secara besar-besaran.

Berdasarkan pengalaman, saya mendapatkan beberapa undangan untuk mengikuti Einstellungstest online. Tetapi ada juga perusahaan yang mengundang langsung untuk datang.

Lantas apa itu Einstellungstest?

Test ini mirip dengan test TPA ala Indonesia. Meskipun kelihatan mudah, kita benar-benar harus memiliki konsentrasi yang tinggi. Selain itu, karena bahasa Jerman bukanlah bahasa ibu, test ini tentunya menjadi tantangan tersendiri. Soal yang sebenarnya bisa mudah terjawab, bisa-bisa tidak terjawab karena kita tidak hanya butuh waktu untuk berkonsentrasi, kita juga butuh waktu lebih untuk memahami kalimat dibandingkan dengan pelamar lain yang kemungkinan besar adalah orang Jerman sendiri.

Vorstellungsgespräch

Vorstellungsgespräch atau sering disingkat VG ini adalah proses interview. Pada perusahaan yang mengharuskan Einstellungstest, biasanya kalian akan mendapatkan undangan VG apabila kalian berhasil lulus dari test tersebut.

Tetapi ada juga perusahaan yang mengundang kalian untuk mengikuti VG langsung tanpa test terlebih dahulu. Biasanya perusahaan yang punya kurang dari 500 Mitarbeiter memberikan kesempatan bagi pelamar untuk bisa mengikuti VG tanpa harus mengikuti test.

Proses VG ini ada yang dilakukan secara online ada juga yang mengharuskan pelamar untuk datang langsung ke perusahaan. Ada juga yang mengadakan test dan VG di hari yang sama dan pelamar harus langsung datang ke perusahaan.

Probetagen

Probetagen atau hari untuk uji coba ini biasanya berlangsung selama seharian atau bahkan seminggu penuh. Proses ini tentu saja juga merupakan bagian dari proses seleksi.

Uji coba ini adalah kesempatan emas bagi perusahaan dan juga pelamar untuk mengenal satu sama lain.

Apabila kalian memiliki kesempatan untuk mengikuti Probetag, gunakanlah dengan baik. Melalui Probetag, bukan hanya perusahaan saja yang bisa menilai kalian. Akan tetapi kalian juga bisa menilai diri sendiri,

”Cocok nggak ya saya dengan pekerjaan ini?”

Misalnya saja, karena banyak kenalan kalian yang mendaftar di Altenheim atau rumah untuk lansia, kalian jadi ikut-ikutan. Tidak ada salahnya, tetapi gunakanlah kesempatan untuk Probetag ini untuk melihat apakah kalian senang dengan tugas-tugas yang diberikan, apakah topik tersebut menarik, dsb.

Kalian juga akan punya kesempatan untuk berbicara langsung untuk Azubi yang bekerja di sana. Jadi kalian juga bisa berkesempatan untuk bertanya tentang Berufsschule, dsb.

Tips penting: Jangan takut untuk bertanya, inisiatif dan tawarkan bantuan, bersikaplah terbuka dengan lingkungan kerja sekitar.

MENDAPATKAN KONTRAK (VERTRAG)

Kalau kalian berhasil melalui satu atau ketiga proses di atas, SELAMAT! Kalian akan mendapatkan kontrak kerja atau Vertrag. Kontrak kerja ini biasanya tiga rangkap: satu untuk perusahaan, satu untuk sekolah, dan satu untuk kamu. Vertrag ini merupakan dokumen penting yang nantinya harus kamu bawa saat mengajukan visa ausbildung.

TIPS:

  1. Jangan hanya fokus pada besar dan kecilnya suatu perusahaan. Terkadang lebih baik bekerja di perusahaan kecil tetapi atasanmu peduli dan mau menunggu serta membantu proses pembuatan visa.
  2. Daftarlah secepat mungkin. Jangan menunggu beberapa bulan apalagi minggu sebelum Ausbildung dimulai.
  3. Banyak membaca dan kalau perlu latihan soal untuk Einstellungstest. Kalian juga bisa membeli buku Kimia kelas 7-10 di Jerman atau setara Mittlere Reife. Dari buku tersebut kalian akan banyak belajar kosa kata yang berhubungan dengan bidang kimia.
  4. Kirim lamaran sebanyak mungkin. Semakin banyak lamaran yang kalian kirim, semakin banyak juga peluang yang tersedia untuk kalian. Saya sendiri melamar ke hampir 80 perusahaan. Jangan pantang menyerah kalau dapat beberapa balasan yang negatif. Tetap berjuang sampai dapat Feedback yang positif dari pemberi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *