Bidang Ausbildung di Jerman yang Paling Diminati Orang Indonesia

Saat ini Ausbildung di Jerman menjadi semakin populer. Bagi kalian yang masih baru dengan istilah tersebut, Ausbildung dalam bahasa Inggris disebut dengan education atau apprenticeship. Azubi atau orang yang sedang menjalani program Ausbildung ini akan belajar di sebuah Berufsschule (Sekolah) dan bekerja langsung di sebuah perusahaan dengan kontrak selama kurang lebih 3 tahun.

Apa saja bidang Ausbildung yang tersedia?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis Ausbildung di Jerman.

Lihat di sini:

https://www.ausbildung.de/berufe/glossar/

https://www.ausbildungsatlas.de/berufe/

https://www.azubiyo.de/berufe/a-z/

Akan tetapi ada empat bidang Ausbildung di Jerman yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia. Lantas apa saja bidang-bidang tersebut?

Bidang Ausbildung Paling Diminati Orang Indonesia

Restaurantfachleute

Sumber: Pixabay

Gaji : 700 € – 900 €

Lama waktu Ausbildung : 3 Tahun

Seperti namanya, Ausbildung ini masuk ke dalam bidan Gastronomi. Beberapa tugas yang biasa dilakukan Restaurantfachleute adalah:

  • Mendekorasi meja
  • Mengantarkan makanan ke meja kostumer
  • Mencatat pesanan dan menghitung harga makanan dan minuman

Beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika bekerja di restauran adalah kalian harus sering berdiri dan juga siap berkomunikasi dengan pelanggan. Meskipun kelihatan sederhana, bekerja di restauran bisa jadi sangat melelahkan lho! Apalagi kalau kalian tiba-tiba mendapatkan kostumer yang rewel.

Akan tetapi, ketika bekerja di restauran kalian bisa mendapatkan uang tips. Terutama ketika sedang peak season seperti musim panas atau saat sedang ada acara di tempat kalian bekerja. Bisa jadi kalian bisa mengumpulkan pundi-pundi Euro lewat tips dari pelanggan.

Pflegefachkräfte

person holding a stress ball
Photo by Matthias Zomer on Pexels.com

Gaji : 1100 € – 1300 €

Lama waktu Ausbildung : 3 Tahun

Bidang Ausbildung yang satu ini bukan hanya popular di kalangan orang Indonesia tetapi juga bagi para imigran dari berbagai negara seperti Filipina, Madagaskar, Polandia, Georgia, dsb. Dari cerita beberapa kenalan yang sedang Ausbildung di bidang Pflege (Perawat), saya jadi tahu kalau di tempat mereka bekerja biasanya lebih banyak pendatang dari pada orang Jermannya.

Kok bisa begitu?

Pflege memang terkenal dengan pekerjaan yang berat, apalagi setelah krisis covid-19. Banyak Pflegefachkräfte yang kewalahan. Bekerja di dengan jadwal yang bisa saja berbeda-beda setiap minggunya, tentunya tidaklah mudah. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Akan tetapi bagian kalian yang punya passion di bidang Pflege, Ausbildung ini bisa menjadi kesempatan emas untuk bekerja di Jerman. Ditambah lagi dengan kerjasama G2G antara pemerintah Indonesia dan Jerman, semakin mudah bagi para perawat Indonesia untuk bekerja di Jerman.

Hotelfachleute

Sumber: Pixabay

Gaji : 700 € – 900 €

Lama waktu Ausbildung: 3 Tahun

Bagi kalian yang tertarik dengan bidang hospitality, bidang Ausbildung kali ini bisa jadi sangat menarik. Beberapa tugas sehari-hari ketika bekerja di hotel adalah:

  • Housekeeping, seperti membersihkan kamar hotel
  • Bekerja sebagai resepsionis hotel
  • Menyiapkan makanan dan minuman

Bidang Ausbildung yang satu ini lagi-lagi mengharuskan kalian untuk bekerja di weekend atau dengan shift. Kalian juga harus siap menghadapi para tamu hotel yang tentunya beraneka ragam karakternya.


Jadi apa kira-kira kalian tertarik dengan salah satu bidang Ausbildung di atas?

Masih banyak lagi bidang Ausbildung di Jerman. Mau tau cerita saya mendaftar Ausbildung bidang kimia di Jerman? Baca di sini ya:

https://ceritavoneropa.com/2021/02/08/ausbildung-bidang-kimia-di-jerman/

Leave a Reply

Your email address will not be published.