Tahukah kamu, bahwa setiap jurusan Ausbildung di Jerman punya kharakteristiknya msing-masing?

Salah satu ciri khas utama setiap bidang Ausbildung tentunya adalah jurusan dan hal-hal yang dipelajari serta dikerjakan di Betrieb.

Tetapi selain itu, setiap jurusan juga punya jadwal sekolah yang tentunya berbeda-beda juga.

Sebagai Auszubildende Lacklaborantin, saya diharuskan untuk mengikuti Blockunterricht. Uniknya di sekolah, saya juga bertemu dengan banyak Azubi dari seluruh penjuru Jerman. Hal ini dikarenakan, Stuttgart memiliki sekolah terbaik untuk seluruh calon Lacklaboranten di Jerman.

Hal ini sangat unik, karena kami jadi punya kesempatan untuk berbagi pengalaman. Bukan hanya karena seisi kelas berasal dari wilayah yang berbeda, tetapi juga karena berasal dari Betrieb yang memproduksi cat dan bahan pewarna untuk berbagai macam kebutuhan.

Bagaimana dengan tempat tinggal selama di Stuttgart?

Saya yang sebenarnya tingga dan bekerja di Bavaria harus ke Stuttgart setiap beberapa bulan sekali. Lama waktu Blockunterricht ini berbeda-beda, paling singkat selama dua minggu dan maksimal 4 minggu.

Biaya tempat tinggal selama di Stuttgart merupakan tanggung jawab Betrieb. Di Stuttgart banyak sekali asrama untuk para Azubi. Setiap asrama juga menyediakan makanan berupa Frühstück dan Abendessen dari hari Senin – Jumat. Untuk weekend, kita harus mencari makanan sendiri. Meski begitu, ada juga kok Wohnung yang menyediakan Brunch saat weekend.

Apakah selama sekolah akan tetap digaji?

Tentu saja!

Sekolah merupakan bagian dari kontrak saat Ausbildung sebagai Lacklaborant. Jadi walaupun selama satu bulan penuh saya hanya sekolah, saya akan tetap mendapatkan gaji Ausbildung seperti biasa.

Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk sekolah?

Jadwal sekolah saya berbeda-beda. Hari Senin misalnya, saya masuk pukul 09.00 pagi dan selesai sekitar pukul 14.40 siang. Di hari lain, saya sudah harus masuk jam 08.15 dan selesai pukul 15.00 sore. Setiap awal tahun, kami akan mendapatkan jadwal untuk sethaun penuh.

Bagaimana dengan transportasi PP dan selama di Stuttgart?

Setiap Betrieb punya peraturan yang berbeda-beda. Di kantor tempat saya bekerja, seluruh biaya transportasi ditanggung. Tetapi tidak semua Betrieb memberlakukan hal yang sama. Beberapa dari teman sekelas saya harus menganggung sendiri biaya transportasi tersebut.

Poster dari sekolah

Sekian dulu tulisan saya kali ini. Kalau ada teman-teman yang ingin bertanya, silahkan tulis di kolom komentar atau kunjungi IG saya di (at)abigailtessa.

Terimakasih sudah membaca! 🙂

Abigail Tessa